KPU Tolitoli rapat terkait pleno daftar pemilih berkelanjutan, Pada Selasa 29/09/2021, Foto.AZR.

KPU Tolitoli Plenokan Hasil Daftar Pemilih Berkelanjutan

KPU Tolitoli rapat terkait pleno daftar pemilih berkelanjutan, Pada Selasa 29/09/2021, Foto.AZR.

Tolitoli, beritasulteng.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tolitoli menggelar rapat pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan yang nantinya akan digunakan dalam pemilihan umum dan Pilkada 2024 di ruang rapat KPU Tolitoli, Selasa (28/9/2021).

Ketua KPU Tolitoli, Suleman mengatakan data pemilih berkelanjutan ini merupakan amanat  undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 pasal 20 huruf (l) tentang Pemilihan Umum, KPU kabupaten/kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Pemuktahiran data pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemuktahiran data dan penyusunan data pemilih pada pemilu/pemilihan berikutnya,” terang Suleman usai menggelar rapat pleno.

Ia mengatakan data yang diplenokan pada hari ini merupakan hasil verifikasi dari Daftar Pemilihan Tetap (DPT) dan Daftar Pemilihan Tambahan pada Pilkada Serentak 2020. Dikatakan dia, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, agar data yang digunakan untuk pemilihan umum dan pilkada selanjutnya benar-benar akurat.

Suleman menyampaikan bahwa kegiatan pleno Daftar Pemilih Berkelanjutan tersebut, merupakan agenda rutin bagi KPU. Dan untuk pleno selanjutnya, data yang digunakan yakni melalui tanggapan masyarakat dan hasil koordinasi dengan Disdukcapil dan Pengadilan Negeri Tolitoli dan Pengadilan Agama Tolitoli.

“Bahwa selanjutnya, untuk perbaikan daftar pemilih KPU menunggu tanggapan masyarakat, misalnya daftar pemilih yang disampaikan meninggal atau pindah, kemudian berkomunikasi dengan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama, biasanya ditemukan warga kabupaten Tolitoli di bawah usia 17 tahun telah menikah,” jelas dia.

Dijelaskan Suleman pleno saat ini,  merupakan pelaksanaan pleno ketiga semenjak berakhirnya tahapan Pilkada Serentak 2020.

Ia pun mengharapkan agar seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli turut mendukung upaya yang di lakukan oleh KPU Tolitoli. Dan melaporkan jika namanya tidak tercantum dalam DPT Berkala.

“Nanti hasil pleno akan kami sebarkan melalui akun media sosial kami. Semoga saja dengan ini akan semakin banyak orang yang berkenan didata dalam DPT Berkala,” ujarnya. (AZR)

About beritasulteng

Check Also

Sambut Sumpah Pemuda, Komunitas Motor Tolitoli Gelar Donor Darah

Tolitoli, beritasulteng.id – Berbagai komunitas motor di daerah termasuk Kabupaten Tolitoli, Minggu (17/10/21) bersama Palang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *