DPW APRI Sulteng Gencar Turun Ke Kab.Parimo Sosialisasi Pertambangan Rakyat Ramah Lingkungan

Ketua Harian Agus Salim dan Sekretaris DPW APRI Sulteng, saat menghadiri pertemuan sosialisasi terkait tambang ramah lingkungan di Desa Posona Kec.Kasimbar, Pada Sabtu 14/08/2021, ( Fto.Humas APRI Sulteng ).

Parimo, beritasulteng.id –  Bertempat di Desa Posona Kecamatan Kasimbar tepatnya lokasi wisata pantai Ogobuaya dan Desa Pinotu Kecamatan Toribulu  DPW Asosiasi Pertambangan Rakyat ( APRI ) Propinsi Sulawesi Tengah, gencar melakukan sosialisasi terkait pertambangan yang ramah lingkungan, Pada Sabtu Siang dan malam ( 14/8/2021 ).

Kegiatan di desa Posona yang dihadiri oleh bapak Camat Kasimbar H.Hamzah dan kepala desa Posona bersama Ketua RMC yang di bawah naungan DPC APRI Kab.Parimo, bersama perwakilan dari tokoh pemuda, agama dan adat serta warga desa Posona, turut menghadiri kegiatan tersebut.

Begitu juga di Desa Pinotu turut dihadiri kepala desa dan tokoh agama, adat dan pemuda, sekaligus di rangkaikan penyerahan secara langsung sertifikat RMC kepada ketua RMC desa Pinotu, yang diserahkan oleh Ketua Harian DPW APRI Sulteng Agus Salim.

Ketua Harian DPW APRI Sulteng Agus salim mengatakan keberadaan APRI Sulteng sebagai bentuk wadah untuk membantu para penambang bagaimana membangun legalitas tambang melalui aturan yang berlaku, melalui penerapan Wilayah Pertambang Rakyat ( WPR ) dan Izin Pertambang Rakyat ( IPR ) yang ada di desa Posona melalui kelompok RMC yang sebulan lalu telah dilantik, begitu proses yang akan di lakukan nantinya.

APRI ini pro sekali dengan kehadiran tambang rakyat yang ada di desa Posona APRI mengibaratkan seperti kendaraan umum yang memiliki penumpangya dan jelas tujuanya, tegas Agus salim

Mari kita bngun satu tujuuan nyata di bawah kepemimpinan gubernur Cudy, yang benar – benar sangat peduli dengan warga, apa lagi di lokasi tersebut memiliki potensi tambang emas.

Sekarang ini dengan adanya Covid adanya keterbatasan itulah yang menjadi penghambat bukan hanya di Sulawesi tengah tapi seluruh daerah ( pembatasan Global ), sehingga membuat mata pencaharian masyarakat semakin sulit, banyak terjadi PHK hampir di semua perusahaan dan pengangguran.

Ini yang menjadi pemikiran khusus oleh semua unsur pimpinan daerah dan pemerintah setempat, olehnya itu kami berharap dengan adanya pertambangan rakyat menjadi solusi mengatasi sedikit anjloknya perekonomian dan sekaligus mensejahterakan masyarakat di Sulawesi tengah, termasuk di Desa Posona di akibatkan dampak dari virus pandemik Covid 19, harapnya.

Bagusnya di desa pesona ada  1000 Hectar lahan yang memiliki potensi kandungan emas, di mana melalui APRI Sulteng akan mencananka  salah satu wilayah percontohan pertambangan yang kelak nanti memiliki Izin setelah, proses kerja sama dengan PT. Trio Kencana yang konon telah memiliki Izin Usaha Pertambangan ( IUP )  dapat berjalan lancar di desa pesona.

Olehnya itu kami mengajak mari sama – sama kita urusi  terkait proses pertambangan, APRI sudah melakukan negosiasi dengan salah satu perusahaan PT.Trio kencana adanya IUP, dan SPK ( Surat Perintah Kerja ) setelah itu MUo dengan pihak Trio Kencana, dan akan buatkan akta sebagai jaminan atas permohonan RMC ke Trio Kencana, dengan sistim pendirian Koprasi yang nantinya ke anggotaanya para pengurus RMC di desa, yang di mana hal itu akan dilakukan di semua desa yang telah memiliki RMC, akunya.

Sementara itu Sekretaris DPW APRI Faizal Khan Sulteng yang turut hadir di dua desa tersebut mengungkapkan keberadaan pendirian Koprasi tambang memudahkan nantinya kelak proses perizinan dan kerja sama dengan salah satu perusahaan PT. Trio Kencana, di lakukan penanda tanganan MOu, sehingga masyarakat sekitar tidak di rugikan.

Nantinya bagaimana kinerja koprasi selama satu tahun setelah terbentuk di bicarakan dalam bentuk Rapat Anggota Tahunan, karena hasil dari lokasi tambang oleh masyarakat sekitar, kalaw sudah beroperasi dapat di lakukan sistim pembagianya secara adil baik itu anggota koprasi penambang dan kepentingan masyarakat di desa.

Baik itu dalam bentuk bea siswa pelajar.bagi masyarakat desa Posona  dan rencana pembangunan pesantren serta fasilitas umum, seperti rumah – rumah ibadah dan jalan di desa, sesuai hasil kesempatan dengan aparat pemerintah  desa dan masyarakatnya, tutur Faizal Khan.

” Intinya untuk dapat mewujudkan itu semua perlu adanya persatuan dan kekompakan seluruh elemant masyarakat sekitar “, sebagaimana amananat undang – undang segala sesuatu kalaw di kerjakan denga. Persatuan pasti hasilnya bisa terwujudkan, hal yang sama di tegaskan di hadapan warga Desa Pinotu Kecamatan Toribulu, tegasnya.

Kegiatan sepeti ini pihak pemerintah kecamatan menyambut positif, apa lagi kalw perencanaanya sudah terstruktur dengan baik dan sesuai keinginan visi misi bapak gubernur Sulawesi Tengah, mensejahterakan masyarakat di wilayah yang memiliki berbagai potensi alam, ungkap Camat Kasimbar H. Hamzah Rauf.

Bagi pemerintah kecamatan kasimbar bagaimana ke depan perkonomian masyarakat khususnya desa pesona, bisa terlaksana, dengan adanya  perusahaan yang telah memiliki  izin IUP pertambangan d seluruh wilayah kecamatan Kasimbar.

” Kami tidak tinggalkan desa di kecamatan kasimbar kalaw dengan adanya tambang tidak sejahtera ” ,

Namun saat ini yang masih jadi kendala setiap masyarakat maw menuju lokasi tambang selau Sjah ada aparat kepolisian baik itu dari Polres Parimo maupun dari Polda Sulteng yang mengatakan ini lokasi tidak memiliki izin, di mana kami sudah bersusash payah mengurus administrasi terkait pertambangan, saat maw menguji material, buat jalan, sayangnya selalu di katakan melanggar hukum,  kesal Camat Kasimbar.

Semoga dengan adanya APRI Sulteng dapat mewujudkan wadah dan Keingginan masyarakat khusnya di wilayah Kecamatan Kasimbar, kalaw bisa lagi lewat bulan ini minta izin Polda dan polres untuk lokasi pertambangan utk menglegalkan tambang ini, Karena kami pemerintah kecamatan dan kepala desa, BPD SE kecamatan Kasimbar dan RMC  mendukung upaya kelolosan izin itu,  harapnya. (Nasir Tula)

About beritasulteng

Check Also

Terkait Beberapa Kasus Di Desa Tompo Warga Desak Aparat Kepolisian Lakukan Penangkapan Kades Tompo

Parimo, beritasulteng.id – Terkait banyaknya pelanggaran dalam memimpin roda pemerintahan di desa Tompo Kecamatan Taopa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *