Wakil bupai Tolitoli Moh.Besar Bantilan ( Pakai topi ) saat meninjau langsung lokasi bandara Sulten Bantilan, Pada Rabu 28 Juli 2021. (Foto Humas Tolitoli )

Wakil Bupati Tolitoli, Bandara Sultan Bantilan Akan Di Kembangkan

Wakil bupai Tolitoli Moh.Besar Bantilan ( Pakai topi ) saat meninjau langsung lokasi bandara Sulten Bantilan, Pada Rabu 28 Juli 2021. (Foto Humas Tolitoli )

Tolitoli, beritasulteng.id – Guna meningkatkan pelayanan operasional penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Sultan Bantilan Tolitoli, pada tahun anggaran 2021/2022, akan dibangun gedung terminal baru serta akan dipenuhi persyaratan runway strip dan runway end safety area (RESA) pada Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Sultan Bantilan Tolitoli.

Terkait dengan rencana tersebut, maka pihak UPBU Kelas III Sultan Bantilan Tolitoli akan melakukan pembongkaran gedung terminal penumpang eksisting dan akan menggunakan gedung VIP Pemda Kabupaten Tolitoli serta bangunan lainnya untuk layanan operasional penerbangan selama dalam tahap pekerjaan.

Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan, melakukan peninjauan di Bandara Sultan Bantilan pada Rabu pagi (28/7) untuk melihat langsung kondisi lapangan sebelum dilakukan pembongkaran.

Pada saat audiance, Wakil Bupati Moh Besar Bantilan menyampaikan akses terbesar untuk percepatan pertumbuhan ekonomi adalah pelabuhan dan bandara di mana Bandara Sultan Bantilan menjadi jembatan udara antar Kabupaten Tolitoli dengan Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah.

Pembangunan Bandara Sultan Bantilan kata Wakil Bupati, merupakan suatu bentuk respon atas kebutuhan masyarakat Kabupaten Tolitoli dimana sarana dan prasarana fasilitas umum yang salah satunya adalah terminal penumpang merupakan wujud komitmen Pemda Kabupaten Tolitoli dalam memenuhi serta mendukung pengembangan dan peningkatan layanan operasional penerbangan guna membuka akses jalur keluar masuknya masyarakat dari dan ke Tolitoli.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos yang turut mendampingi Wakil Bupati menyampaikan bahwa pembangunan Bandara ini memerlukan waktu panjang karena di sekitar Bandara terdapat persawahan masyarakat.

Untuk itu Sekda berharap agar pembebasan lahan untuk pengembangan runway strip tidak menemui hambatan apapun sehingga diperlukan dukungan dari masyarakat setempat khususnya pemilik lahan persawahan. ( Andi.ZR )

About beritasulteng

Check Also

Bupati Tolitoli Lakukan Komunikasi Lanjutan ke Pemprov Terkait Penanganan DAS Kota Tolitoli

BERITASULTENG.ID, TOLITOLI – Banjir yang terjadi di Kota Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, rabu (15/9/2021) disikapi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *