Bupati Tolitoli Amran H.Yahya membuka secara resmi launching gerakan cinta produk usaha mikro ( GENTA Pro Umi ), Pada Senin ( 28/06/2021).

Dinas Koperasi UMKM Tolitoli Gagas Genta Pro Umi dan Pameran UMKM

Bupati Tolitoli Amran H.Yahya membuka secara resmi launching gerakan cinta produk usaha mikro ( GENTA Pro Umi ), Pada Senin ( 28/06/2021).

Tolitoli, beritasulteng.id – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Tolitoli, menggagas Gerakan Cinta Produk Usaha Mikro yang disingkat GENTA PRO UMI sebagai langkah terobosan dengan melibatkan stakeholder dalam pemberdayaan Usaha Mikro di Kabupaten Tolitoli. Genta Pro Umi, telah resmi diluncurkan oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya pada senin pagi (28/6/2021) dalam suatu acara yang digelar di Galaxy Coffe Kelurahan Panasakan Kecamatan Baolan.

Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya saat menyampaikan sambutannya mengatakan, usaha mikro mempunyai peran yang strategis dalam peningkatan di bidang ekonomi di antaranya membuka lapangan pekerjaan di mana peluang pekerjaan baru pasti akan terbuka bagi masyarakat di sekitarnya, mendorong kondisi ekonomi yang lebih merata, di mana usaha yang maju menjadi penyebab kondisi ekonomi di kota kecil maupun pedesaan juga akan terdorong tumbuh dan berkembang, meningkatkan devisa negara.

“Dengan meningkatnya kehadiran usaha mikro dan mengelolanya dengan baik, secara tidak langsung negara juga turut menumbuhka usaha mikro yang terpadu mampu memproduksi barang yang berkualitas hingga menarik perhatian konsumen luar negeri, apa lagi saat ini, aktivitas jual beli dapat dilakukan melalui internet atau secara online,” jelasnya.

Ditambahkan, kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli ke depan khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah, diupayakan lebih responsif sesuai visi dan misi Kabupaten Tolitoli yang salah satunya menciptakan kemandirian ekonomi desa penguatan usaha mikro kecil dan menengah sebagai pilar pembangunan daerah.

“Olehnya itu, Pemerintah Daerah akan memainkan peranannya dalam memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah,” ungkapnya.

Amran Haji Yahya menilai, gerakan cinta produk usaha mikro ini merupakan suatu langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencintai produk kita sendiri.

Gerakan ini mengimbau kepada masyarakat untuk dapat lebih menunjukkan aksi keberpihakan terhadap produk daerah kita sendiri, sedang bagi pelaku usaha hal ini harus dapat dimanfaatkan dengan lebih meningkatkan komitmen untuk terus berinovasi dalam menjalankan usahanya, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tolitoli Srie Lesminingsih, SE.,M.Si menuturkan, kegiatan peluncuran (launching) Genta Pro Umi ini sekaligus dirangkaikan dengan pameran produk UMKM.

“Pameran ini merupakan wahana untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Tolitoli,” ungkapnya.
Kegiatan launching Gerakan Cinta Produk Usaha Mikro yang disingkat Genta Pro Umi yang dirangkaikan dengan pameran produk UMKM.

Turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tolitoli Ny Sriyanti Amran Dg Parebba, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh Asrul Bantilan, S.Sos, sejumlah pejabat Pemerintah Daerah, Pimpinan Intansi Vertikal, serta Pimpinan BUMN dan BUMD se Kabupaten Tolitoli.

Acara diakhiri dengan kunjungan ke stand Pameran UMKM yang menampilkan bermacam produk baik, itu kerajinan tangan dan aneka macam makanan olahan hasil produksi pelaku UMKM di Kabupaten Tolitoli. ( Andi.ZR)

About beritasulteng

Check Also

Sambut Sumpah Pemuda, Komunitas Motor Tolitoli Gelar Donor Darah

Tolitoli, beritasulteng.id – Berbagai komunitas motor di daerah termasuk Kabupaten Tolitoli, Minggu (17/10/21) bersama Palang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *