Gubernur Sulawesi tengah Drs.H.Longki Djanggola, M.Si di dampingi kepala badan lingkungan hidup sulawesi tengah M.Sadly Lesnusa, saat melepas jalan santai di halaman belakang kantor gubernur Sulteng, Pada Jumat 11/06/2021, ( Foto.Humas Sulteng).

BLH Sulteng Gelar Jalan Santai Peringati Hari Lingkungan Hidup Se Dunia

Gubernur Sulawesi tengah Drs.H.Longki Djanggola, M.Si di dampingi kepala badan lingkungan hidup sulawesi tengah M.Sadly Lesnusa, saat melepas jalan santai di halaman belakang kantor gubernur Sulteng, Pada Jumat 11/06/2021, ( Foto.Humas Sulteng).

PALU, beritasulteng.id – Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola M.Si didampingi Ketua TP.PKK Hj. Zalzulmida A Djanggola SH, CN dan Kepala Badan Lingkungan Hidup, M. Sadly Lasnusa, S.Sos, M.Si secara resmi melepas peserta jalan santai bertempat di halaman Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Jum’at 11 Juni 2021.

Usai Gubernur mengibarkan bendera star, ratusan peserta jalan santai lintas OPD, Biro serta wanita peduli lingkungan (WPL) secara teratur meninggalkan lapangan Pogombo.

Adapun rute yang dilalui yakni star lapangan Pogombo, Jl. Sam Ratulangi, Jl. Cut Mutia, berbelok di patung kuda, Jl. Raden Saleh, kembali ke Jl. Sam Ratulangi dan finis di halaman Pogombo Kantor Gubernur Sulteng.

Kepala Badan Lingkungan Hidup M. Sadly Lesnusa S.Sos, M.Si selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat provinsi Sulteng yang dilaksanakan secara sederhana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui upaya yang mencerminkan rasa kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan hidup dan termotivasi untuk melakukan tindakan yang nyata dalam rangka lindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sasaran peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat provinsi Sulawesi Tengah ini adalah masyarakat, lembaga, organisasi atau kelompok dan komunitas pemerhati lingkungan hidup di wilayah provinsi Sulawesi Tengah.

“Rangkaian pelaksanaan kegiatan hari lingkungan hidup sedunia telah dilaksanakan sejak tanggal 5 Juni 2021 di berbagai lokasi di provinsi Sulawesi Tengah, khusus kegiatan jalan santai, sepeda sehat dan senam jantung sehat dilaksanakan di halaman kantor gubernur provinsi Sulawesi Tengah, Jumat tanggal 11 Juni tahun 2021”, jelasnya.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs H. Longki Djanggola M.Si memberikan apresiasi atas dilaksanakannya peringatan hari lingkungan hidup sedunia dengan tetap disiplin dan mempedomani protokol Kesehatan.

Gubernur berharap semua lapisan masyarakat, dunia usaha maupun pemerintah untuk terus berperan dalam upaya mempertahankan kualitas lingkungan hidup.

“Hari ini, Jumat 11 Juni 2021 dilaksanakan jalan santai sebagai rangkaian peringatan hari lingkungan hidup yang diperingati oleh seluruh dunia dan sesuai mandat PBB tahun ini puncak peringatannya dipusatkan di Pakistan dan mengambil tema restorasi ekosistem yang merupakan tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan satu kesatuan, utuh, menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan stabilitas dan produktivitas lingkungan hidup,” jelas Gubernur.

Peringatan hari lingkungan hidup tahun 2021, lanjut Gubernur menjadi momen penting untuk menggugah, menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran kepedulian publik tentang ekosistem dan pengelolaannya secara optimal. Momentum hari lingkungan hidup sedunia diharapkan dapat menambah semangat untuk terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan yang sehat.

Untuk itu dibutuhkan dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan khususnya di tingkat lokal.

“Secara khusus saya ucapkan terima kasih kepada wanita peduli lingkungan yang secara aktif ikut berpartisipasi, berkontribusi pada kegiatan hari lingkungan hidup ini, saya yakin dan percaya dengan kepedulian oma-oma, tante dan saudara-saudara terhadap lingkungan maka semua bisa teratasi,” papar Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan kebahagiaannya karena WPL sebagai mitra pemerintah terlibat dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan, apalagi Sulteng barusan tertimpa gempa dan bencana alam yang tentu banyak berhubungan dengan lingkungan hidup.

“Saya minta WPL jangan berhenti disini didalam berkontribusi, tetapi harap lebih proaktif lagi dengan kabupaten kota karena masih banyak yang perlu dikerjakan. Bagaimana upaya agar sungai Palu tertata lingkungannya dan hijau, aliran sungai menjadi bersih, jernih dan insya Allah bermanfaat kepada masyarakat. Kalau kita lihat di daerah-daerah lain, provinsi dan kota-kota yang maju, rata-rata sungai dalam kota sudah tertata, bahkan menjadi tempat objek wisata. kemarin saya dari Palembang, Saya bangga sekali lihat langsung sungai Musi yang luar biasa penghijauannya pemanfaatan sungai dan sebagainya, sebut Gubernur.

Gubernur berharap WPL untuk berkontribusi bekerjasama dengan Dinas kehutanan, minta bibit pohon untuk ditanam di daerah hunian tetap, misalnya Huntap Tondo, Duyu dan kegiatan lingkungan lainnya.

“Untuk itu, buat pengurus WPL saya mohon agar jangan berhenti sampai di sini kegiatannya, tetapi silakan beraktivitas, silakan berkontribusi, silakan bermitra dengan semua OPD, Dinas teknis terkait di pemerintah baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tengah,” tutup gubernur mengakhiri sambutannya.

Kegiatan jalan santai, dan senam jantung sehat diakhiri dengan penarikan door prize serta demo ekoensim yang ramah lingkungan. ( NASIR TULA/Kriman Humas Sulteng )

About beritasulteng

Check Also

Atlet Sulteng Tiba di Palu, Gubernur Sulteng Tepati Janji Beri Hadiah Jutaan Rupiah Peraih Medali

Palu, beritasulteng.id – Tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri rombongan Atlet – Atlet Sulteng yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *