Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Dikbud ) Sulawesi Tengah Chawarismy Shindy, S.Sos, M.Si

Sekretaris Dikbud Sulteng, Kami Tidak Tahu Jumlah Rehab Bangunan Sekolah SMKN Di Kota Palu

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Dikbud ) Sulawesi Tengah Chawarismy Shindy, S.Sos, M.Si

Palu, beritasulteng.id – Sejak menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Dikbud ) Propinsi Sulawesi Tengah hampir masuk dua tahun lebih, sejauh ini kami belum pernah mengetahui ada berapa jumlah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ( SMKN ) yang di tersebar di wilayah Kota Palu yang dapat anggaran rehab bangunan sekolah, hal ini di katakan Sekretaris Dinas Dikbud Sulteng Chawarismy Shindy, S.Sos, M.Si, saat di ruang kerjanya, Pada Kamis 04 /11/2021.

” Jangankan jumlah anggaranya tiap sekolah SMKN, bangunan yang di rehab jumlahnya sajah sama sekali kami tidak tahu untuk di dalam Kota Palu, apalagi di Kabupaten – kabupaten, tegasnya saat di dampingi salah satu stafnya yang kebetulan di menjabat sebagai pejabat pengadaan barang dan jasa di Lingkup Dikbud Sulteng.

Intinya sejak pucuk pimpinan yang sebelumnya di jabat Bapak Irwan lahace sebelum pensiun, sampai pergantian pucuk pimpinan sekarang ini, anggaran Dana Alokasi Khusus ( DAK ) sejak tahun 2020 dan 2021, kami tidak pernah tahu berapa jumlahnya, anggaran tersebut di serahkan ke semua bidang – bidang.

Di mana setiap bidang punya tupoksi masing – masing dalam menggelola anggaran dan kami tidak mau masuk mencampuri urusan setiap bidang, apa lagi menyangkut kegiatan dan anggaran, walaupun jarang sekali setiap bidang memberikan laporan ataupun evaluasi ke kami terkait kegiatan yang sesuai dengan anggaran, aku ibu Mimi panggilan sehari – harinya.

Tugas selaku Sekretaris dinas pun kami jalani dengan rasa penuh tanggung jawab, apa lagi kalaw menyangkut dokumen – dokumen yang ada di tupoksi kami, maupun pekerjaan proyek di dalam lingkup Kantor Dikbud Sulteng, tidak lepas dari pengawasan kami karena memang itu suatu kewajaran dan menjadi hak kami selaku Sektetaris, memantau pekerjaan tersebut.

Walaupun kami  selaku Kuasa Pengguna Anggaran ( KPA ), namun itu hanya sebatas rumah tangga lingkup Dikbud Sulteng, seperti anggaran perjalan dinas, anggaran honor PKL, petugas kebersihan, biaya pembayaran media, listrik, ATK kantor dan kegiatan seminar ataupun dialog yang di laksanakan oleh Dikbud Sulteng, bukan anggaran proyek rehab bangunan sekolah SMA Negeri dan SMKN yang kami tangani sampai jumlahnya milyaran rupiah, kami sendiri tidak tahu itu yang namanya paket – paket proyek milik si A ataupun si B yang merupakan titipan,  tandasnya.

Disinggung terkait adanya rehab pembangunan sekolah SMK Negeri 1 Palu, silahkan sajah langsung tanya ke kepala bidang SMK ibu Hatijah, karena kami tidak tahu persis itu, mereka yang lebih tahu kepala bidang SMK yang KPA nya dan PPKnya.

Soal anggaranya berapa dan waktu kontraknya jatuh sampai tanggal dan bulanya, kami tidak tahu persis, apa lagi kalaw dikatakan bangunan itu ke depan penyelesaiannya tidak sesuai waktunya ( Mark Aup ) semua itu yang tahu kepala bidang dan PPK, tidak ada sangkut pautnya dengan kami, karena kami sendiri tidak pernah di beri tahu dan sama sekali tidak mau cari tahu, itu kewenangannya mereka, ujarnya dengan nada tegas.

Namun kalaw soal pekerjaan tersebut mengalami masalah dalam penyelesaiannya dan pembayaran volume pekerjaan tidak sesuai prosedur, pastinya akan memberikan dampak negatif di mata masyarakat, apa lagi dunia pendidikan, ungkapnya.

Selaku Sekdis Dikbud Sulteng, menghimbau kepada semua bidang memasuki akhir masa tahun 2021, kegiatan yang menggunakan anggaran APBD 2021, sebagai mana harapan gubernur Sulawesi Tengah Bapak H.Rusdy Mastura, harus terus di pantau dan diawasi seefisien mungkin.

Apa lagi yang namanya proyek rehab bangunan sekolah SMKN, di mana anggaranya sampai Milyaran rupiah, jangan sampai kedepanya mendapat temuan dari pemeriksa Baik itu Inspektorat maupun BPK Sulteng, jelasnya. ( Nasir Tula )

About beritasulteng

Check Also

SK Pengurus Dewan Pimpinan Partai Perkasa di Sulteng Resmi Disahkan

Palu, beritasulteng.id – Dalam memenuhi persyaratan sebagai salah satu partai peserta Pemilu 2024, Ketua dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *