Penanggung jawab P2D2S PMI Tolitoli Sainal djamaludin

P2D2S UDD Palang Merah Indonesia Kab.Tolitoli Kekurangan Stok Darah

Penanggung jawab P2D2S PMI Tolitoli Sainal djamaludin

Tolitoli,beritasulteng.id – Penanggung Jawab Pencari dan Pelestari Donor Darah Sukarela P2D2S Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tolitoli Sainal Djamaludin mengeluhkan ketersediaan stok darah sangat kurang. Hal itu terjadi karena pada pasca-Hari Raya Idul Fitri permintaan sangat tinggi. Di mana mencapai 20 sampai 30 kantong per hari. Selain itu, juga pelaku pendonor darah di Tolitoli sangat minin.

“Permintaan darah pasca-Lebaran, mengalami peningkatan. Akibatnya, sekarang UDD PMI Tolitoli kekurangan stok darah. Kondisi disebabkan UDD PMI tidak melakukan kegiatan donor darah selama bulan puasa,” ungkap Sainal Jamaluddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/5/2021).

Ia mengakui, pihaknya mempunyai kebijakan bila ada yang membutuhkan darah disarankan agar keluarga pasien bisa mendonorkan darah. Hal itu juga dilakukan jika keluarga pasien tersebut ada kecocokan darah.

“Apabila dari keluarga pasien tidak ada kecocokan darah, kami menyarankan untuk membeli ke tempat lain. Sebab, ada juga keluarga pasien yang tidak cocok darahnya,”tandas Sainal.

Sainal Dajamaludin menambahkan, pihaknya akan segera melakukan donor darah keluar pada pekan ini. Langkah ini untuk mengatasi kekurangan stok darah.

Menurut rencana, ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan donor darah ke setiap OPD dalam waktu dekat ini. Upaya ini diharapkan bisa dilakukan agar ketersediaan stok darah mencukupi. ( Andi.ZR )

About beritasulteng

Check Also

Sambut Sumpah Pemuda, Komunitas Motor Tolitoli Gelar Donor Darah

Tolitoli, beritasulteng.id – Berbagai komunitas motor di daerah termasuk Kabupaten Tolitoli, Minggu (17/10/21) bersama Palang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *