Ketua BAZNAS Tolitoli Helmy memberikan bantuan zakat fitrah dari unsur ASN ke salah saru warga, yang layak membutuhkan, Pada Minggu 9/05/2021.

Baznas Tolitoli Mulai Salurkan Zakat Fitrah Aparat ASN

Ketua BAZNAS Tolitoli Helmy memberikan bantuan zakat fitrah dari unsur ASN ke salah saru warga, yang layak membutuhkan, Pada Minggu 9/05/2021.

Tolitoliberitasulteng.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tolitoli mulai melakukan pendistribusian zakat fitrah dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolitoli.

Dalam pendistribusian zakat fitrah ASN ini, Baznas Kabupaten Tolitoli bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) yang berada di masing-masing kecamatan di Kabupaten Tolitoli.
Ketua Baznas Kabupaten Tolitoli Helmy Alatas mengungkapkan zakat fitrah ini diperoleh ASN pada setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah), kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Tolitoli.

“Zakat fitrah ini disetorkan oleh ASN melalui pengurus UPZ masing-masing OPD dan kecamatan kepada Baznas Kabupaten Tolitoli untuk selanjutnya diberikan kepada fuqara dan masakin dalam bentuk beras, ” katanya. Minggu, (09/05/2021).

Zakat fitrah ASN berupa beras ini masih ditambahi sembako untuk masing-masing zakat fitrah. Isinya termasuk gula, mie instans, minyak goreng, teh dan kopi.
“Jadi diatas zakat fitrah ditambahi zakat mal yang ditasyarufkan bagi kaum fakir miskin”, Ucapnya.

Menurut Helmy, zakat fitrah ASN plus sembako ini diberikan kepada warga yang kurang mampu, majelis taklim dan tukang becak.

Helmy menjelaskan penyaluran zakat fitrah ini bertujuan untuk menerapkan zakat fitrah para ASN karena kewajiban dari jiwa yang dizakatkan dan harus dilakukan oleh manusia yang hidup pada hari itu hingga akhir Ramadhan. Sisi lain yang relevan adalahmemberikan keteladanan kepada semua ASN untuk selalu berzakat melalui organisasi resmi yang ditunjuk oleh pemerintah.

“Kriteria penerima zakat fitrah ini adalah fakir miskin. Fakir merupakan orang yang pada waktu itu tidak tahapan dan pekerjaan. Sementara miskin adalah mereka yang mempunyai pekerjaan tetapi tidak mencukupi pada waktu itu, ”tegasnya.

Kami mengharapkan agar zakat fitrah ini nantinya diantarkan ke masing-masing rumah penerima untuk menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19. Semua ini dilakukan dalam rangka mendekatkan Baznas kepada masyarakat.

Penyaluran zakat fitrah ini tepat sasaran pada penerima sehingga syarat-syarat penyaluran dari muzakki ke mustahik sesuai syar’i. Kepada ASN dan masyarakat luas diharapkan menunaikan zakatnya kepada lembaga formal bukan secara pribadi karena itu bukan menjadi solusi dan pemecah permasalahan, jelasnya. ( Andi.ZR)

About beritasulteng

Check Also

Amran H.Yahya, Pentingnya Pemberdayaan BUMDES Untuk Masyarakat Tolitoli

Tolitoli, beritasulteng.id – Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan di semua desa secara merata, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *