Sekretaris Dinas Kesehatan Tolitoli

Dinkes Tolitoli Terus Lakukan Vaksinasi Covid -19 Di Bulan Ramadhan

Sekretaris Dinas Kesehatan Tolitoli Safruddin.A Rahman

Tolitoli, beritasulteng.id – Pemerintah Kabupaten Tolitoli tetap melaksanakan vaksinasi Covid-19 selama bulan Ramadhan tahun ini. Keputusan itu merujuk pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 tahun 2021 yang menyatakan vaksinasi Covid-19 boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa karena vaksinasi tidak membatalkan puasa, serta SE Kementerian Kesehatan Nomor : HK.02.02/I/801/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Umat Islam di Bulan Ramadhan.

Sekertaris Dinas Kesehatan Tolitoli, Safruddin A. Rahman mengatakan, vaksinasi dibulan Ramadhan diprioritaskan untuk masyarakat Lanjut usia (Lansia) dan guru.

“Selama bulan puasa vaksinasi bisa berjalan, karena Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui fatwanya telah merekomendasikan agar pemerintah tetap dapat melakukan vaksinasi di bulan Ramadhan, demi mencegah penularan Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa, “ujar Safruddin A. Rahman, saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, Kamis (22/4/2021).

Dia menambahkan pelaksanaannya merujuk SE Kementerian Kesehatan tentang Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Umat Islam di Bulan Ramadhan menyangkut percepatan vaksinasi Covid-19 saat sedang berpuasa, sosialisasi dan tindakan korektif yang diperlukan dalam rangka meningkatkan optimalisasi pelaksanaan vaksinasi.

Namun saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tolitoli masih mencari tambahan pasokan vaksin COVID-19 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah. Sebab saat ini stok vaksin COVID-19 yang ada di Kabupaten Tolitoli mulai menipis. Sedangkan vaksinasi ini diperlukan untuk menciptakan kekebalan kelompok tehadap COVID-19 bagi warga Kabupaten Tolitoli.

“Saat ini masih menunggu pasokan (tambahan) vaksin dari Pemprov Sulteng,” ucap Safruddin A. Rahman.
Dijelaskan Safruddin, saat ini pihaknya belum menerima informasi kapan kepastian pasokan vaksin itu akan datang. Dirinya sendiri berharap vaksin bisa segera diterima untuk dilakukan vaksinasi kepada warga Kabupaten Tolitoli.

Saat ini di Kabupaten Tolitoli, tengah dilakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua dengan target prioritas guru dan warga lanjut usia. Dari sanalah ia berharap distribusi vaksin bisa segera diterima Dinkes Kabupaten Tolitoli .

“Sampai hari ini belum ada informasi untuk mendapatkan tambahan vaksin. Semua kabupaten kota, kondisinya sama terkait dengan ketersediaan vaksin,” kata Safruddin A. Rahman.

Saat ini, di Kabupaten Tolitoli telah mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka terbatas. Pelaksanaan sekolah tatap muka terbatas tersebut, dilakukan dengan menerapkan protokok kesehatan secara ketat.

Pemerintah Kabupaten Tolitoli memperbolehkan dibukanya sekolah tatap muka terbatas tersebut, seiring dengan berhasilnya pengendalian penyebaran COVID-19 di wilayah itu. ( Andi.ZR )

About beritasulteng

Check Also

Sambut Sumpah Pemuda, Komunitas Motor Tolitoli Gelar Donor Darah

Tolitoli, beritasulteng.id – Berbagai komunitas motor di daerah termasuk Kabupaten Tolitoli, Minggu (17/10/21) bersama Palang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *