Gubernur Sulteng Membuka Sekolah Cuaca Nelayan Lapangan

Palu, beritasulteng.id –  Kantor Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al-Jufri Palu menggelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) di Sulawesi Tengah sebagai upaya memperingati hari Meterorologi Dunia yang ke-71 dan untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman nelayan terhadap informasi cuaca dan iklim di bidang kelautan bagi para nelayan, petugas penyuluh lapangan perikanan dan instansi-instansi yang bergerak disektor perikanan kelautan. SLCN tahun 2021 ini mengambil tema “Dengan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Masyarakat Tetap Produktif, Sehat dan Selamat serta Beradaptasi terhadap Kondisi Cuaca dan Iklim Di Laut”.

Kegiatan SLCN tersebut diselenggarakan dari tanggal 22-24 Maret 2021. Kegiatan pembukaan SLCN dilaksanakan di Gedung Pogombo dan 2 kegiatan selanjutnya dilakukan di Kelurahan Tipo dan Kelurahan Mamboro. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta yang merupakan perwakilan dari nelayan, petugas penyuluh lapangan perikanan, dan pejabat pengambil kebijakan dimana keseluruhan peserta berasal dari Kota Palu.

Kegiatan SLCN dihadiri oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo, MT, Kepala Balai Besar Wilayah IV Makassar Badan Meteorologi dan Geofisika Darmawan, S.Si, M.Si,; Kepala Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al-Jufri Palu Nur Alim, S.Si,; Koordinator BMKG Propinsi Sulawesi Tengah Cahyo Nugroho, SE, S.Si, dan seluruh Kepala UPT BMKG Sulawesi Tengah, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Provinsi Sulawesi Tengah Ir. H. Faisal, MM, yang mewakili Bapak Gubernur Sulawesi Tengah sekaligus membuka acara Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Sulawesi Tengah Tahun 2021.

Dalam sambutannya Kepala Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al-Jufri Palu mengatakan bahwa perlu dilakukan upaya melalui informasi cuaca dan iklim guna mengantisipasi dampak-dampak yang akan terjadi serta mewujudkan visi dan misi nawacita tentang kedaulatan pangan dan pengembangan ekonomi maritim. Penyampaian visi misi tersebut diwujudkan dalam kegiatan SLCN BMKG malaui penyuluh-penyuluh bidang perikanan di Indonesia.

Dalam sambutannya Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG mengatakan bahwa bersamaan dengan hari meteorologi dunia ke-71, BMKG siap hadir untuk melayani masyarakat. Melalui SLCN ini BMKG siap mendukung dalam memberikan informasi cuaca dan iklim, dimana kegiatan ini juga mendukung program dari pemerintah daerah khususnya Sulawesi Tengah untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat dalam memanfaatkan potensi yang ada di sekitar pesisir Sulawesi Tengah.

Pada kegiatan SLCN ini para peserta dibekali berbagai pengetahuan terkait informasi cuaca dan iklim maritim yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada penyuluh, petugas dinas dan ketua kelompok nelayan dalam memahami informasi cuaca dan iklim yang dikeluarkan oleh BMKG, sehingga para nelayan dapat mengetahui potensi-potensi yang menguntungkan maupun potensi-potensi kebencanaan yang mungkin terjadi berkaitan dengan kondisi cuaca dan iklim. Pada akhirnya, diharapkan para nelayan lebih peduli terhadap informasi yang dikeluarkan BMKG dan dengan adanya SLCN tersebut para peserta diharapkan dapat menyampaikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengikuti acara ini kepada rekan-rekan mereka, sehingga kedepannya mampu meningkatkan produktivitas, keselamatan dan kesejahteraan masyarakat. ( Handri )

About beritasulteng

Check Also

Moment HBA Ke 61 Tahun, Kejati Sulteng Selamatkan Asset Negara 68,5 M

Palu, beritasulteng.id – Sebuah pencapaian luar biasa di torehkan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah yang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *