Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tolitoli Ir.Akbar Syah.

Musim Panas Tidak Pengaruhi Produktifitas Padi Sawah di Tolitoli

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tolitoli Ir.Akbar Syah.

Tolitoli, beritasulteng.id – Memasuki musim panas seperti saat ini yang bertepatan dengan musim tanam Oktober-Maret ( OKMAR ), diakui tidak akan berpengaruh terhadap hasil pertanian yang ada di Tolitoli terutama padi sawah, apalagi bagi daerah yang memiliki daerah irigasi tersier, namun demikian, musim panas seperti ini cukup berpengaruh terhadap daerah yang tidak memiliki daerah irigasi atau hanya mengandalkan hujan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan DKP Kabupaten Tolitoli Ir.Akbar Syah menuturkan, tanaman padi tidak sepanjang masa tanamnya membutuhkan air, ada fase-fase tertentu membutuhkan air, ada fase tertentu tidak membutuhkan air, namun pada pertumbuhan fegetatif membutuhkan air pada jangka waktu tertentu, namun pada masa bunting tidak lagi membutuhakn air.

“Okmar ini kan masih fase fegetatif aktif, jadi kebutuhan air itu masih dalam batas tertentu, kalau didaerah sawah teraliri irigasi bisa diukur kebutuhan airnya, tapi di daerah tadah hujan agak kesulitan kebutuhan air, saya kira seperti itu,” Ungkap Akbar Syah, Minggu (17/10/2021).

Dikatakan, untuk daerah yang beririgasi, kondisi yang terjadi di Tolitoli saat ini tidak berpengaruh, karena bisa mengatur kebutuhan airnya, namun yang terdampak yakni daerah tadah hujan sedikit berpengaruh terhadap produktifitas yang dihasilkan, sehingga diantara musim panen itu dapat ditanam komoditas lain agar lahan yang ada tidak menganggur. (AZR)

About beritasulteng

Check Also

Pesan Ustad Husni Mubarak, Orang Tua Dan Siswa Meneladani Akhlak Rasulullah

Tolitoli, beritasulteng.id – Ustadz Husni Mubarak mengajak orang tua dan siswa meneladani akhlak Rasulullah. Pesan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *