Ketua dan pengurus DPD REI Sulteng, saat bersilaturahmi dengan gubernur Sulawesi tengah H.Rusdy Mastura di ruang kerjanya, Pada Rabu 18/08/2021, ( Ft.Biro Adm.Pimp Sulteng ).

DPD REI Sulteng Siap Dukung Gubernur Dalam Penyelesaian Huntap

Ketua dan pengurus DPD REI Sulteng, saat bersilaturahmi dengan gubernur Sulawesi tengah H.Rusdy Mastura di ruang kerjanya, Pada Rabu 18/08/2021, ( Ft.Biro Adm.Pimp Sulteng ).

Palu,beritasulteng.id – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura di dampingi Ir. Dharma Gunawan menerima kunjungan pengurus DPD REI Sulawesi Tengah beserta rombongan bertempat di Ruang Kerja Gubernur, Rabu 18 Agustus 2021.

Inti kunjungan dari pengurus DPD REI yang diketuai Muhammad Rizal dalam hal penyediaan bangunan Huntap bagi penyintas korban bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi dua tahun silam, tepatnya 28 September 2018 silam.

Menurut Muhammad Rizal, rencana penyediaan Huntap dalam rangka mensukseskan program gubernur dan membantu warga terdampak bencana, “Mudah-mudahan gubernur dapat memberikan tanggapan dan menerima tawaran kerjasama kami dari DPD REI Sulawesi Tengah untuk menyelesaikan masalah terkait penyediaan lokasi. Untuk Kota Palu, kami bisa menyediakan 1000 unit, sementara Kabupaten Sigi dapat kami siapkan 500 unit,” janjinya.

Untuk harga perunitnya menurut Muhammad Rizal, berdasarkan patokan harga jual perumahan pada kisaran Rp 156. 500 Juta inklud BPHTB dan PPH termasuk biaya balik nama.

Adapun waktu pengerjaan perunit bangunan membutuhkan waktu 2 pekan hingga sebulan, mengingat pihak DPD REI memiliki jaringan luas untuk mensuplai material bangunan serta tenaga kerja.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura memberikan apresiasi atas usulan dari pihak DPD REI, bahkan gubernur mengaku telah menyediakan anggaran Rp61 Miliar untuk pengalihan kepemilikan tanah.

Lebih lanjut gubernur mengakui ada beberapa skem yang dapat dilakukan dalam hal penyelesaian masalah huntap bagi mereka yang tidak memiliki rumah sepanjang sesuai data yang bisa dipertanggung jawabkan.

BTN melalui REI menurut gubernur diharap bisa memyediakan bangunan dimaksud, alokasi dananya bisa melalui kredit lewat PEN dengan bunga 4%, dirinya bahkan bisa menjadi jaminan sepanjang hal tersebut betul untuk korban bencana.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut para pengurus DPD REI ; Muhammad Rizal ( ketua ), Slamet Mulyono(Sekertaris), Handry Kawet ( Bendahra),Ita Puspita ( wakil ketua), Anjas lamata ( wakil ketua), selain itu turut hadir dari pihak bank BTN: Handako Prasetyo (Kacab bank BTN), Raden Kusnandar ( Deputi bank BTN) serta pihak terkait lainnya. ( Nasir Tula / Reles ADM.Pimp.Sulteng)

About beritasulteng

Check Also

Launching PEN, Kajati Sulteng Tekankan Jajaranya Lebih Dekat Dengan Rakyat

Palu, beritasulteng.id – Program Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN ) bidang perdata dan tata usaha …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *