Prosesi Adat Tolitoli, Hantar Ibu Hj. Nuraeni Bantilan ke Peristirahatan Terakhir

BERITASULTENG.ID – TOLITOLI ÷ Innalillahi wainnalillahi rojiun, duka keluarga dan kerabat kerajaan dan masyarakat tolitoli, menemui momentum pada bada’ jumat (2/7/2021) siang ini.

Melelui prosesi adat dan dengan diringi ribuan warga masyarakat . Keranda jenazah Almarhumah Hj.Nuraeni Bantilan, diusung oleh puluhan orang secara bergantian.

Dari Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, wartawan media ini melaporkan, keranda jenazah Ibu Nuraeni Bantilan yang juga merupakan permaisuri Gaukan (Raja) Tolitoli ke XVII itu, awal mula diusung dari rumah duka di jalan Gadarmun Hangkiho Tolitoli, yang kemudian jenazah disholatkan dimasjid Agung Tolitoli.

Sesaat setelah disholatkan, keranda jenazah ibunda dari Wakil Bupati Tolitoli itu kembali diusung menuju ke lokasi pemakaman keluarga kerajaan di desa Buntuna Kecamatan Baolan Tolitoli, yang diperkirakan menempuh jarak sekitar 3-4 Kilometer dari pusat Ibukota Tolitoli.

Dilaporkan pula, selain dihantar ribuan masyarakat tolitoli, turut menghantar ke pemakaman Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya yang juga telah menyandang gelar adar sebagai Taudako Lipu.

Sampai berita ini ditayangkan, dengan ditandai kucuran hujan, prosesi pemakaman Ibu Hj.Nuraeni Bantilan masih sementara berlangsung.

Almarhumah Ibu Hj.Nuraeni Bantilan semasa hidupnya dikenal luas memiliki kepribadian yang baik dan memiliki kepedulian terhadap orang lain.

Sebagai seorsng ibu, Hj Nuraeni Bantilan juga telah sukses ikut mendampingi suaminya H.Moh.Saleh Bantilan selama menjabat sebagai Bupati Tolitoli 2 (dua) periode (2010-20215 dan 2015-2020, termasuk jelang akhir hayatnya telah sukses ikut menghantar salah seorang putranya yakni Moh.Besar Bantilan sebagai Wakil Bupati Tolitoli periode 2021-2026.

Selamat jalan ibu Eni, Semoga Allah SWT melapangkan kuburmu dan menempakan dirimu disisi NYA.

Editor : Irfan Pontoh

About beritasulteng

Check Also

Sambut Sumpah Pemuda, Komunitas Motor Tolitoli Gelar Donor Darah

Tolitoli, beritasulteng.id – Berbagai komunitas motor di daerah termasuk Kabupaten Tolitoli, Minggu (17/10/21) bersama Palang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *