Bupati Kabupaten Tolitoli Amran H.Yahya

Amran H.Yahya, Pentingnya Pemberdayaan BUMDES Untuk Masyarakat Tolitoli

Bupati Kabupaten Tolitoli Amran H.Yahya

Tolitoli, beritasulteng.id – Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan di semua desa secara merata, Pemda Tolitoli terus melakukan berbagai program yang sesuai dengan visi dan misi  mewuiudkan masyarakat tolitoli yang SEJAHTERA & MANDIRI, ungkap bupati Tolitoli Amran H.Yahya, Pada Sabtu 12/06/2021.

Salah satunya mewujudkn sekaligus di fungsikan secara terbuka Badan usaha milik desa ( BUMDES ) dan ini bakal jadi perhatian Pemkab Tolitoli, tandas Amran.

BUMDES sudah saatnya diberdayakan, dimaksimalkan eksistensinya sebesar – besarnya untuk masyarakat Tolitoli.

Soal pemberdayaan BUMDES, tidak bisa semata hanya dibebankan kepada pemerintah desa, tetapi juga harus ditopang oleh Pemerintah, ujarnya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menjadi leading sektor,.untuk itu dengan dibantu oleh dinas terkait lain dan seluruh kepala wilayah kecamatan.

Peran Pemeintah Daerah dan perangkatnya untuk ikut memberdayakan BUMDES, diwujudkan dalam bentuk kegiatan supervisi, pembimbingan, pelatihan.

Disamping itu, keberadaan BUMD/Perusahaan Daerah harus dapat membangun kemitraan strtegis dengan seluruh BUMDES, karenanya rekruitmen Direksi Perusda akan dilakukan lewat mekanisme lelang jabatan.

Pemberdayaan BUMDES akan dikelola secara serius dalam kurun waktu sampai tiga tahun kedepan, akunya.

Diharapkan, dengan adanya upaya pro aktif Pemda dan seluruh perangkatnya dalam upaya memberdayakan seluruh BUMDES tersebut, maka nantinya akan mengarah pada pencapaian program unggulan “Satu Desa Satu Produk Unggulan”, jelas Amran H.Yahya. (Irfan DP)

(Intisari Diskusi Bersama Bupati Tolitoli Bapak AMRAN Hi. YAHYA)

About beritasulteng

Check Also

Sambut Sumpah Pemuda, Komunitas Motor Tolitoli Gelar Donor Darah

Tolitoli, beritasulteng.id – Berbagai komunitas motor di daerah termasuk Kabupaten Tolitoli, Minggu (17/10/21) bersama Palang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *