Ini lah salah satu akun yang meng aplaud di media sosial, foto bersama dengan walikota dan wakil walikota Palu, melanggar Prokes kesehatan Covid 19 tampa memakai masker dan tidak mengatur jarak selepas Apel kesadaran di alaman kantor walikota palu, Pada Senin 17/05/2021.

Walikota Dan Wakil Walikota Palu Beri Contoh Pelanggaran Prokes Covid -19

Ini lah salah satu akun yang meng aplaud di media sosial, foto bersama dengan walikota dan wakil walikota Palu, melanggar Prokes kesehatan Covid 19 tampa memakai masker dan tidak mengatur jarak selepas Apel kesadaran di halaman kantor walikota palu, Pada Senin 17/05/2021.

Palu, beritasulteng.id – Sungguh sangat di sayangkan Walikota Kota palu H. Hadianto Rasyid, SE bersama wakil walikota palu dr. Reny A. Lamadjido, telah lalai dalam menerapkan protokol kesehatan ( Prokes ) Covid – 19 di lingkup pemerintahan Kota Palu, di mana selepas apel kesadaran yang berlangsung di halaman kantor walikota palu, Pada 17 Mei 2021, ”  keduanya tertangkap kamera sedang foto Selfi dengan unsur ASN Kota palu tanpa memakai masker dan tidak mengatur jarak “.

Foto tersebut di unggah oleh salah satu akun media sosial milik Ana Adi tertuliskan bersama Kiki Krisnawati selepas upacara, nampak terlihat jelas sosok walikota palu bersama wakilnya di akun tersebut sama sekali tidak menggunakan masker dan saling berdekatan.

Terlihat jelas dalam foto sebagian ( Wakil walikota palu dan ASN ) memakai masker tapi sayangnya tidak di gunakan sebagaimana mestinya dan walikota palu sama sekali tidak mengunakan masker, di mana status akun tersebut bertuliskan ” Momen Apel kesadaran 17/05/2021..,maaf lahir batin yaa a….🙏😊”.

Yang seharusnya sebagai pemimpin harus memberikan contoh kepada masyarakat kota palu bagaimana kita melawan penyebaran virus corona sekaligus menghindari cara penularanya, aku sumber melalui pesan Whatsapp ( Wa ) ke wartawan media ini.

Sebagaimana himbauan dari pemerintah pusat melalui keputusan presiden dan instruksi mentri dalam negeri nomor 06 Tahun 2020 tentang penegakan protokol kesehatan untuk pengendalian penyebaran Corona virus disease ( Covid -19 ), serta keputusan Mentri kesehatan RI Nomor HK.01.07 / MENKES / 382 / 2020 Tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian corona virus disease ( Covid 19 ).

Menurut sumber kalaw melihat surat intruksi mentri dalam negeri ada beberap hal – hal yang harus di lakukan bukan hanya gubernur melainkan walikota serta bupati pun harus melakukan penanganan untuk menegakan secara konsisten protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus tersebut di daerah / wilayahnya masing – masing.

Dengan cara memakai masker, mencuci tangan, menjagah jarak dan mencegah terjadinya kerumunan yang bisa berpotensi melanggar Prokes, begitu salah satu isi instruksi Mendagri, tuturnya.

Selain itu di kutip dari himbauan Mendagri kepala daerah gubernur, walikota, bupati untuk melakukan langkah – langkah proaktif dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam mematuhi Prokes Covid 19, termsuk  untuk tidak ikut dalam kerumunan, sekaligus turut mencegah penularan Covid 19 dan tidak hanya bertindak responsif atau reaktif.

Apabila itu tidak dilaksanakan maka akan ada sanksi sesuai dengan aturan pasal 78 UU No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan daerah, sekaligus kalau hal itu tidak di patuhi berdasarkan pasal tersebut sesuai Undang – undang sangsi kepala daerah akan di berhentikan, aku sumber.

Tentunya atas pelanggaran tersebut akan menjadi pelajaran bagi walikota palu dan wakil walikota palu dalam menjalankan misi pemerintah pusat maupun daerah, memberantas penyebaran virus Corona. ( Nasir Tula )

 

About beritasulteng

Check Also

Launching PEN, Kajati Sulteng Tekankan Jajaranya Lebih Dekat Dengan Rakyat

Palu, beritasulteng.id – Program Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN ) bidang perdata dan tata usaha …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *