Mantan bupati Tolitoli Moh.Saleh (Ale) Bantilan, memperlihatkan surat somasi oleh dua media online yang akan di layangkan ke dewan pers, saat di kediamanya, Pada Kamis 06/05/2021.

Terkait Penyerobotan Lahan Rumah Adat, Ini Berita Hoax ; Ale Bantilan Ajukan Somasi Ke Dewan Pers

Mantan bupati Tolitoli Moh.Saleh (Ale) Bantilan, memperlihatkan surat somasi oleh dua media online yang nantinya akan di layangkan ke dewan pers, saat di kediamanya, Pada Kamis 06/05/2021.

Tolitoli,beritasulteng.id – Tudingan yang dialamatkan kepada Raja Tolitoli, H.Moh.Saleh Bantilan,S.H,M.H oleh dua media online tidak mendasar karena tidak mengedepankan fakta serta profesionalisme dan keberimbangan dalam pemberitaan

Berita Yang berjudul ”MANTAN BUPATI TOLITOLI, ALE BANTILAN DI SOROT LAGI: AWAS, PROYEK ILEGAL MASUKI RUMAH RAJA DI LAHAN RAMPASAN” di media https://Infoaktual.id dan “AWAS PROYEK ILEGAL MASUKI RUMAH RAJA DI LAHAN RAMPASAN” di media https://www.tabloldSkandal.com.

Berita tersebut sangat merugikan dan mencemarkan nama baik Mantan Bupati Tolitoli dua periode tersebut yang juga merupakan Raja Tolitoli, karena tidak ada konfirmasi sebelumnya dengan Mantan Bupati Tolitoli sekaligus Raja Tolitoli terkait dengan pemberitaan tersebut.

Ketika di temui di kediamannya, H.Moh.Saleh Bantilan sebagai Raja Tolitoli mengatakan, berita itu sangat merugikan dirinya sebagai Raja Tolitoli, dikarenakan tanah yang dibangun Rumah Adat Tolitoli (Balre Masigi) sudah dibeli dari ahli waris Lamata yakni Ny. Rugayah Mener Lamata yang merupakan ibu dari Hasanudin Lamata alias Udin Lamata pada tahun 1996.

Sehingga dugaan tersebut dinilai sangat tidak mendasar dan pemberitaan itu sangat menyudutkan, disebabkan hal seperti itu tidak mungkin dilakukan seorang Mantan Bupati yang juga Raja Tolitoli.

” Yang jelas berita itu Hoax, Rumah Adat Tolitoli telah ada sejak zaman dahulu sekitar tahun 1770 bertepatan dengan dilantiknya raja Tolitoli pertama Oleh Sultan Ternate. Karenanya kami dari dewan adat sudah melakukan somasi kepada dua media online tersebut karena memfitnah saya merampas lahan warga untuk dibangun Rumah Adat Tolitoli ” ungkap H.Moh.Saleh Bantilan, Kamis, (6/5/2021).

Selain itu, H.Moh.Saleh Bantilan juga membantah secara tegas atas pemberitaan di dua media online tersebut, karena telah menyebarkan berita bohong seperti yang ditegaskan dalam Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE sebagaimana telah diubah ke Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik pasal 45A ayat 1 dan ayat 2.

” Pemberitaan tersebut sangat merugikan saya sebagai Raja Tolitoli dan juga suku Tolitoli karena media online tersebut memberitakan di wilayah kami yang tidak sesuai dengan faktanya, dengan itu kewajiban kami meminta hak koreksi dan hak jawab atas hal itu,”tegas, H.Moh.Saleh Bantilan.

Pihak media harus meminta maaf kepada dirinya dan seluruh suku Tolitoli atas pemberitaan tersebut karena sangat merugikan Camat Balaraja. Apa lagi dirinya sebagai Raja Tolitoli harus menjadi panutan bagi masyarakatnya.

“Kami mensomasi media ini agar segera melakukan klarifikasi Tentang pemberitaan yang akurat dan terpercaya sekaligus meminta maaf kepada saya sebagai Raja Tolitoli, Dewan Adat Kabupaten Tolitoli, dan seluruh Masyarakat Kabupaten Tolitoli yang selama ini hidup secara rukun dan aman sehingga menjadi Kabupaten teraman di Sulawesi Tengah,” lanjut, Raja Tolitoli.

Mantan Bupati Tolitoli tersebut menambahkan, Kami Dewan Adat Tolitoli sangat menyesalkan pemberitaan oleh media ini tanpa melakukan Koordinasi dan Komunikasi dengan Dewan Adat Kabupaten Tolitoli. Sehingga terkesan pihak media tersebut tulisannya tidak profesional dalam memuat berita.

Saya tidak pernah bertemu dan komunikasi tapi tiba tiba saya dicantumkan dalam isi berita tersebut, tidak profesional sekali, kenapa mencantumkan narasumber yang tidak pernah ditemui, tutur Raja Tolitoli, H.Moh.Saleh Bantilan,S.H,M.H. (Andi.ZR)

About beritasulteng

Check Also

Amran H.Yahya, Pentingnya Pemberdayaan BUMDES Untuk Masyarakat Tolitoli

Tolitoli, beritasulteng.id – Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan di semua desa secara merata, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *