Gubernur Sulteng H.Longki Djanggola bersama unsur Forkompinda, duduk bersama peringati HUt OTDA secara virtual dengan Wapres RI, 26/4/2021.(Foto.Humas Sulteng )

Longki Bersama Wapres RI Peringati Ultah OTDA Ke 25 Secara Virtual

Gubernur Sulteng H.Longki Djanggola bersama unsur Forkompinda, duduk bersama peringati HUt OTDA secara virtual dengan Wapres RI Ma’aruf Amin, 26/4/2021.(Foto.Humas Sulteng )

Palu, beritasulteng.id – Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola bersama unsur Forkompimda menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXV Tahun 2021, di Kantor Gubernur, Senin (26/4/2021). Dalam seperempat abad, peringatan Hari OTDA yang digelar secara virtual pada tahun ini mengangkat tema ‘Bangun Semangat Kerja & Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju.’

Peringatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Maaruf Amin secara virtual tersebut diikuti oleh seluruh gubernur, walikota/ bupati se-Indonesia. Dalam sambutannya, Wapres mengaku sangat mengapresiasi tema yang diangkat tersebut.

“Diharapkan, selama kondisi pandemi Covid-19 ini, masyarakat tetap semangat bekerja dan bergotong royong. Tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan pemulihan ekonomi menuju Indonesia Maju,” kata wapres didampingi Mendagri Tito Karnavian.

selain itu menurut Wapres “Pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif.

Kepemimpinan adaptif yang dimaksud adalah seorang pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi serta cepat dan tepat dalam bertindak,” ujar Ma’ruf.

Selain itu, pemimpin yang adaptif juga berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya terhadap perubahan dan keadaan baru.

“Penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Ma’ruf.

Otonomi daerah juga disebutkan Ma’ruf meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ma’ruf mengatakan, melalui kebijakan otonomi daerah, pemerintah daerah memiliki keleluasaan menyelenggarakan pemerintahan sendiri atas dasar prakarsa, kreativitas, dan peran serta masyarakat.

Utamanya dalam rangka mengembangkan dan memajukan daerahnya.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini menjadi momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah di masa yang akan datang,” kata Ma’ruf Amin. ( Nasir Tula / Kriman Humas Sulteng )

 

About beritasulteng

Check Also

Rusdy Mastura, Minta Proyek – Proyek Di Dinas Jangan Dulu Di Lelang

Palu, beritasulteng.id – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Setelah Kembali Menjalankan Tugas Pemerintahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *