Wakil bupati Toli - Toli Moh.Besar Bantilan

Wabup Toli – Toli, RPJMD Prioritaskan Keterbukan Tata Kelola Pemerintahan

Wakil bupati Toli – Toli Moh.Besar Bantilan

Toli – Toli, beritasulteng.id – Wakil Bupati Tolitoli Muhammad Besar Bantilan menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tolitoli 2021-2026.

RPJMD adalah dokumen sangat penting dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan guna mewujudkan visi dan misi telah disampaikan kepada masyarakat pada saat pesta demokrasi Pilkada lalu.

” RPJMD 2021-2026 merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli dengan visi terwujudnya masyarakat Kabupaten Tolitoli yang sejahtera dan mandiri melalui pemerintahan yang amanah, responsif dan merakyat,” kata Muhammad Besar Bantilan, Senin 19 April 2021.

Dengan visi itu maka dilakukan pembahasan dan terciptalah RPJMD tahun 2021-2026, yang mana salah satu misinya yaitu menerapkan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan partisipatif.
“Menyatu pada visi dan misi tersebut, kami perlu membentuk pemerintahan yang menerapkan prinsip tata kelola pemerintahan yang di-namis (dinamic governance), yang memiliki ciri pemerintahan yang cepat dan efesien serta tanggap atas kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam RPJMD 2021-2026 ditetapkan, pembangunan infrastuktur, sumber daya alam, penguatan ekonomi masyarakat, tata kelola pemerintahan, Tolitoli yang sejahtera dan mandiri.

“Untuk mencapai hal itu perlu adanya pendekatan, pertama pendekatan teknologi yang dilaksanakan dengan metode dan perangkat berpikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah,” tegasnya.

Pendekatan partisipatif dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Ketiga pendekatan Politis yaitu dilaksanakan dengan menterjemahkan visi misi ke dalam perencanaan pembangunan yang dibahas bersama-sama DPRD. Dikarenakan RPJMD 2021-2026 merupakan peraturan daerah. Ke empat pendekatan atas bawah dan bawah atas. Perencanaan akan diselaraskan dalam musyawarah pembangunan yang dilaksanakan mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten.

Dokumen RPJMD 2021-2026 merupakan dokumen rancangan awal yang terdiri dari pendahuluan, gambaran daerah, permasalahan khusus yang terjadi, visi misi, tujuan dan sasaran, strategi arah kebijakan dan progam pembangunan daerah, kerangka dana pembangunan dan program perangkat daerah serta kinerja-kinerja pemerintah daerah.
Berdasarkan ketentuan perundang-undangan, penyampaian rancangan RPJMD Tahun 2021-2026 Kabupaten Tolitoli yang akan dibahas selanjutnya, merupakan amanah dari Pasal 49 ayat 3 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 harus disampaikan paling lambat 6 (enam) bulan sejak kepala daerah dan wakil kepala daerah dilantik. ( Andi.ZR )

About beritasulteng

Check Also

TTMC Tolitoli Berbagi Bantuan Di Bulan Ramadhan

Tolitoli,beritasulteng.id – Salah satu Club motor di Kabupaten Tolitoli yakni Tolitoli Tiger Motor Club (TTMC) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *