Kepala Desa Rano Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala Samit.S

Desa Rano Kab.Donggala Memiliki Potensi Kuat Pengembangan Ikan Sidat

Kepala Desa Rano Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala Samit.S

Donggala, beritasulteng.id – Salah satu desa yang memiliki potensi besar untuk pengembang biakan ikan sidat dan bisa di jadikan mata pencaharian baru bagi penduduk desa setempat, sekarang ini ada di desa Rano Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala.

Desa yang kalaw di tempuh dari Kota Palu memakan waktu sampai tiga atau empat jam dengan kendaraan roda dua dan empat, yang di mana jaraknya mencapai 140 Kilometer.

Keunikan dari desa ini terdapat salah satu danau cantik, dengan luas danaunya mencapai 260 Hektar dan kedalam danauny 80 Meter, danau ini memiliki berbagai macam jenis ikan tawar yang hidup didalamnya, tutur Kepala desa Rano Samit.S, saat di kediamannya pada Selasa 13 / 04 / 2021.

Dengan danau ini tentunya kami berkeingginan kuat jenis ikan sidat akan di kembangkan oleh warga desa Rano, hal ini bisa membuat pendapatan baru bagi warga, yang walaupun di sini hampir semua mengantungkan hidupnya sebagai petani.

Sejak lama warga desa Rano banyak juga berprofesi sebagai nelayan sambil menggunakan perahu sederhana dan memakai pukat alat tangkap ikan tradisional dan sangat sederhana, terang Samit.S.

Selama ini ikan yang di tangkap para nelayan kebanyakan ikan jenis mujair dan ikan nila. Namun kami membuka ruang bagi warga yang memiliki lahan baik di halaman rumah maupun lokasi perkebunan di mana mendapat aliran air dari sungai, untuk memelihara dan mengembangkan ikan sidat.

Ikan sidat memiliki potensi besar kedepan dengan nilai jualnya di pasaran cukup mengiurkan, makanya kami memberikan pencerahan kepada warga desa Rano yang penduduknya mencapai 1400 jiwa dan jumlah KK 350, terkait sisi manfaatnya dari ikan sidat untuk menambah pendapatan hidup sehari – hari, semoga ini bisa menjadi pokok, papar Samit.S yang sudah dua periode menjabat Kepala desa Rano.

Sejauh ini memang kami belum paham betul cara memelihara dan mengembang biakan ikan sidat, olehnya itu kami berharap kedepan ada pemberian pelatihan dan ketambahan pengetahuan tentang tata cara memelihara secara baik ikan sidat, harapnya.

Sementara itu salah satu pemerhati ikan sidat Handri mengungkapkan pengembangan ikan sidat di Sulawesi Tengah tiap tahun mengalami peningkatan yang signifikan, semua itu bisa diketahui hampir tiap bulan balai karantina perikanan melakukan pengiriman paket ikan sidat ke beberapa daerah bahkan sampai ke Negara – Negara Asia.

Sudah cukup lama kami mengikuti perkembangan ikan sidat di Kota Palu, Parigi, Poso dan Donggala, syukurnya mendapat respon positif dari warga dan mereka berkeingginan juga terlibat dalam mengembangkan ikan sidat di wilayahnya masing – masing, akunya.

Disini besar harapan kami kepada pemerintah setempat memberi perhatian melalui instansi terkait, sekaligus turut serta membantu pemberian bibit ikan sidat sekaligus bersama – sama dengan pemerhati ikan sidat, para nelayan dan warga untuk memajukan bisnis ikan sidat kedepanya di seluruh wilayah propinsi Sulawesi Tengah, harap Handri. ( HRI )

About beritasulteng

Check Also

Jaksa Agung Muda Intelijen Kejagung RI Masuk Donggala, Sebelum di Periksa Kasman Lassa Terbaring Sakit di RSU Budi Agung

Palu, beritasulteng.id – Kedatangan Tim Jaksa Agung Muda Tim Intelijen  ( Kejagung ) RI yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *