Stok Darah Di UDD PMI Kab.Toli – Toli Mulai Menipis Di Bulan Ramadhan

Toli – Toli, beitasulteng.id – Stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tolitoli berkurang hingga 50 persen di bulan Ramadan ini, meski sebelumnya sempat melakukan kegiatan donor darah di salah satu instansi vertikal yang ada di Kabupaten Tolitoli.

Penanggung jawab Pencari dan pelestari donor darah sukarela (P2D2S) Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tolitoli, Zainal Jamaludin menyatakan, meski sebelumnya sempat melakukan kegiatan donor darah di salah satu instansi vertikal yang ada di Kabupaten Tolitoli, akan tetapi stok darah di UDD Kabupaten Tolitoli di bulan Ramadan menurun signifikan dibandingkan bulan bulan biasa.

” Turunnya lumayan banyak sekitar 50 persen dari hari biasa. Ini selalu terjadi dari tahun ke tahun stok darah selalu minim di bulan puasa,” tukasnya, Selasa (13/04/2021).

Diuraikan inal, panggilan Muhajir, pada bulan Ramadan banyak orang yang menunda donor karena mereka berpedoman bahwa ketika berpuasa tidak boleh mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Namun, meski terjadi kekurangan stok darah itu bukanlah masalah sepanjang UDD dapat memenuhi permintaan darah dari masyarakat.

“Sama sekali tidak masalah, kalau ada permintaan darah kami bisa melayani. Artinya, kami terpaksa meminta pihak keluarga pemohon untuk menyiapkan keluarga yang bisa di mendonorkan darahnya bila tidak tersedia stok di UDD,” imbuhnya.

Dia berharap, kepada masyarakat supaya tidak takut untuk berdonor karena bagaimanapun berdonor itu beramal untuk orang yang membutuhkan juga baik untuk kesehatan pendonor itu sendiri.
Menurutnya dengan rutin donor darah, regenerasi sel darah akan bagus. Artinya, sel-sel darah yang sudah tua cepat digantikan dengan yang baru. Kemudian di sisi lain karena ada pergantian regenerasi sel yang cepat, bisa mengurangi resiko penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol.

Masyarakat tidak perlu takut untuk mendonorkan darahnya, karena sekarang pengambilan darah tidak membutuhkan waktu yang lama,” urainya.

Ada dua cara untuk donasi darah, yang pertama pelayanan di kantor UDD yang selalu dibuka untuk siapa saja yang tiba- tiba ingin donor darah setiap saat.
Selain itu, juga jemput bola ke kelompok donor. Dia mempersilahkan orang dengan kelompok atau komunitas yang selama ini belum pernah donor dan ingin donor darah.

” Jika ada 24 orang yang bersedia donor nanti kami datangi,” tandasnya.

About beritasulteng

Check Also

Sambut Sumpah Pemuda, Komunitas Motor Tolitoli Gelar Donor Darah

Tolitoli, beritasulteng.id – Berbagai komunitas motor di daerah termasuk Kabupaten Tolitoli, Minggu (17/10/21) bersama Palang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *